Terapi wicara memberikan terapi pada penderita gangguan perilaku komunikasi, yaitu kelainan kemampuan bahasa, bicara, suara, irama/kelancaran, sehingga penderita mampu berinteraksi dengan lingkungan secara wajar. Keterlambatan dalam berbicara biasa dialami oleh anak-anak.

Anak terlambat berbicara bisa disebabkan karena berbagai faktor termasuk faktor keturunan, faktor kelainan pada anggota atau organ tubuh, serta faktor lingkungan. Jika Anda menjumpai gejala-gejala keterlambatan bicara pada anak, segera konsultasikan kepada dokter spesialis anak Bila perlu, dokter akan merujuk anak Anda untuk menjalani terapi wicara agar dapat diberi perawatan yang sesuai.


Kegiatan Terapi Wicara di Rumah

Orang tua dapat membantu perawatan gangguan bicara anak dengan cara melakukan beberapa kegiatan terapi wicara di rumah. Beberapa kegiatan terapi wicara yang dapat dilakukan sebagai berikut :

Batasi penggunaan televisi atau perangkat elektronik lainnya seperti gadget

Penelitian yang dilakukan JAMA Pediatrics menunjukkan bahwa anak-anak yang sering menonton televisi lebih berpotensi mengalami keterlambatan dalam berbicara. Aktivitas menonton televisi mengurangi stimulan untuk melakukan komunikasi secara dua arah. Suara yang dihasilkan oleh televisi juga dapat menyebabkan anak kurang fokus menyimpan informasi.

Ajari anak bahasa tubuh atau bahasa isyarat sederhana

Anak-anak yang tidak dapat menyampaikan informasi secara penuh bisa merasa frustrasi. Hal tersebut terkadang mengarahkan anak untuk mengungkapkan emosi berlebihan (tantrum). Bahasa isyarat dapat membantu anak berkomunikasi dengan orang lain. Pertama-tama, ajarkan bahasa isyarat dengan kata-kata termudah dan paling sering digunakan.

Tempelkan magnet dan beberapa gambar makanan atau benda kesayangan anak di pintu kulkas

Hal ini dapat membantu anak saat meminta tolong untuk mengambilkan benda-benda tersebut dengan cara mengambil magnet di kulkas.

Bermain bersama anak minilam selama 40 menit

Bawalah ke luar ruangan seperti taman bermain atau lapangan agar dia dapat mengekspresikan diri dan mempelajari hal-hal baru. Bila perlu, gunakan kartu flash bayi (flashcards baby) sebagai alat bantu belajar kosakata baru.

Berikan sedotan saat anak minum

Menggunakan sedotan untuk meminum bukan hanya air putih melainkan juga susu, jus, dan milkshake. Sedotan dapat membantu memperkuat otot mulut dan mempermudah anak berbicara.

Gunakan sedotan dengan berbagai macam bentuk terutama sedotan melingkar atau berombak. Sedotan jenis ini dapat melatih otot mulut lebih kuat. Sedotan bentuk tersebut juga diketahui lebih baik daripada sedotan biasanya.

Latih anak meniup

Latih anak untuk meniup dengan cara menaruh bola kapas di atas meja dan memintanya meniup bola kapas dengan sedotan sejauh mungkin. Latihan meniup dapat memperkuat otot mulut sehingga mempermudah anak bicara.

Taruh benda di luar jangkauan tetapi masih dapat dia lihat

Lakukan menaruh benda dengan sengaja yang jauh dari anak agar mereka berusaha meminta tolong kepada Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mengajarkan bahasa isyarat meminta tolong sambil mengucapkan kata “tolong” ketika memintanya.

Berikan pujian!

Ucapan pujian sangat berpengaruh pada keberhasilan anak dengan kebutuhan khusus. Mereka akan merasa harga diri mereka meningkat sehingga akan berusaha lebih lagi untuk belajar.

Biaya Paket Therapy

kami tidak akan membiarkan orang yang Anda cintai merasa berbeda

What you get Basic Intense Very Intense
Total Sessions 8 16 24
therapist already vaccinated v v v
Certified Therapist v v v
Free Registration Fee v v v
free therapist transport v v v
No fee added for english speaker v v v
Flexisble Schedule v v v
10 Minutes parent consultation v v v
Cashback - 150k 350k
Free change therapist without pay more - 1 Times 2 Times
Report book - - v

Promo PPKM

Seeing your loved one happy is priceless

Basic
  • 3.200.000 2.980.000 IDR

  • 2 Bulan (1x /minggu)

    1 Bulan (2x /minggu)

    You Save 220.000 (7%)

Set Appointment
Intensive
  • 6.240.000 5.650.000 IDR

  • 2 Bulan (2x /minggu)

    1 Bulan (3x /minggu)

    You Save 590.000 (9.5%)

Set Appointment
Very Intense
  • 9.120.000 7.880.000 IDR

  • 2 Bulan (3x /minggu)

    You Save 1.240.000 (14%)


Set Appointment

Tentang kami

Kami mengerti apa yang Anda rasakan. dan kami akan membuat buah hati Anda bersiap untuk masa depan yang lebih besar bersama kami terapi bicara bali / only speech therapy (OST) bali.

terapi berizin

Otorisasi & Terapis Ahli

Karena kami percaya, Setiap orang berhak memiliki masa depan yang lebih baik.

terapi berpengalaman

4+ Tahun Berpengalaman

Bukan hanya tentang berapa tahun pengalaman, tapi ini tentang memberikan cinta Anda perawatan terbaik.

terapi terbaik

1.380+ Klien yang puas

Kami yakin, Anda siap menjadi bagian dari mereka, tunggu apa lagi?.

terapi bicara anak di bali